Breaking News :

Belajarlah Lebih Banyak dari Anak-Anak

learn from kids
Sebagai orangtua banyak yang memandang bahwa proses mengajar merupakan proses yang berlangsung searah. Saya yakin para orangtua akan menjadi lebih baik jika saja mereka mau menghabiskan waktu lebih banyak untuk belajar dari anak-anak, bukan mengajari anak-anak mereka. Dibandingkan orang dewasa, anak-anak tahu lebih banyak cara untuk bersenang-senang. Anak-anak tahu betul  bagaimana caranya tertawa. Untuk bisa tertawa mereka tidaklah perlu banyak hiburan terkadang malah tidak memerlukan apa-apa untuk bisa tertawa. Mereka melakukannya karena mereka merasa enak.

Anak-anak tidak menganalisis dan menguji segala sesuatu melainkan mereka sangat spontan dan hanya sibuk menjadi diri sendiri. Jika ada orang dewasa yang memiliki sifat spontan kita cenderung akan menghargai mereka. Jadi banyak-banyaklah bersikap responsif dengan cara mengurangi berpikir.

Anak-anak selalu ingin tahu dan mudah terpesona. Sebuah batu, seekor kumbang, seekor anak anjing atau seekor hamster adalah sumber rasa heran seorang anak. Bagi anak-anak segala sesuatu merupakan pengalaman baru yang menakjubkan untuk diresapi. Orang dewasa justru tidak peduli lagi dengan semua itu, mereka justru mematikan perasaan itu sehingga banyak diantara kita lupa betapa ajaibnya planet ini.

Anak-anak juga tidak berprasangka, mereka bersikap menerima apa adanya. Mereka menerima keadaan apapun sampai pada suatu saat mereka belajar untuk menolaknya. Apakah anda sering mendengar anak-anak mengeluh tentang cuaca? Mereka tidak mengeluh bahkan mereka tahu cara untuk menjaga kesehatan mental dengan ikut mengalir dengan arus yang ada.

Kita akan selalu terkesima dan menyenangi kejujuran anak-anak. Mereka juga memiliki keteguhan yang amat besar. Mereka tidak akan menyerah jika mereka menginginkan sesuatu. Kegigihan mereka benar-benar pantas dikagumi dan dipertahankan. Lihatlah anak-anak yang belajar berjalan, mereka akan terus dan terus berusaha, walaupun jatuh mereka akan bangun lagi begitu seterusnya hingga akhirnya mereka berhasil berjalan! Apakah anda masih mempunyai keteguhan seperti itu?

Imajinasi anak-anak begitu luar biasa hebatnya sehingga membuat mereka mampu belajar, mengingat dan berkembang dengan begitu cepatnya. Jadi luangkanlah waktu lebih banyak bersama anak-anak. Belajarlah lebih banyak tentang tawa, spontanitas, keingintahuan, penerimaan, kegembiraan, kepercayaan, keteguhan dan imajinasi anda.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Evobig Proudly powered by Blogger