Breaking News :

Trik Mendapatkan Pekerjaan Setelah PHK

PHK memang sering membuat seseorang berkecil hati. Namun jika Anda bisa menyikapinya dengan bijaksana, kesempatan ini malah bisa menjadi awal yang lebih baik bagi hidup Anda. Selalu berpikir positif sehingga Anda dapat merebut kesempatan kerja yang lebih baik. Berikut ini adalah trik untuk memperoleh pekerjaan setelah di PHK;

tips memperoleh kerja setelah phk

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Untuk memperoleh pekerjaan baru yang lebih baik, pusatkanlah perhatian dan upaya Anda, jangan hanya menganalisis dan meragukan kemampuan Anda sendiri. Jika prestasi kerja yang kurang memadai dijadikan alasan PHK maka gunakanlah waktu sekarang untuk memperoleh jabatan yang benar-benar Anda sukai sehingga akan melambungkan prestasi kerja Anda.

Jadikan Hal Negatif menjadi Positif

Tak diragukan lagi ketika seseorang menganggur, perasaan akan menjadi tertekan dan semua menjadi sangat membosankan. Ditambah lagi dengan keuangan yang semakin menipis maka lengkap sudah semuanya. Namun Anda harus ingat, menjadi pengangguran itu tidaklah selamanya. Manfaatkanlah energi yang ada untuk berburu pekerjaan secara sungguh-sungguh supaya kesempatan kerja yang Anda impikan bisa tercapai. Dengan adanya pekerjaan baru, maka segala masalah yang berkaitan dengan pengangguran akan selesai.

Bertindaklah Segera Sekarang Juga

Janganlah menghabiskan waktu hanya untuk menyesali keadaan yang telah berlalu, mulailah mencari pekerjaan secara sistematis sekarang juga. Bila langsung menerima panggilan dan Anda merasa cocok, maka Anda sebaiknaya mengajukan penundaan hari pertama Anda masuk kerja barang dua minggu. Dengan begitu Anda dapat menggunakan waktu ini untuk jalan-jalan dengan nikmat. Karena bukankah nanti begitu kembali Anda sudah memiliki pekerjaan yang bagus?

Pasang Target yang Tinggi

Kebanyakan orang merasa ketika baru saja kehilangan pekerjaan yang baik maka tidak akan bisa memperoleh pekerjaan lain yang sebagus itu. Sesungguhnya itu tidaklah selalu benar. Oleh karena itu jadikanlah karir Anda yang akan datang bisa lebih maju dari sekarang, bukannya malah mundur walau hanya sedepa sekalipun. Tidak peduli Anda sekarang bekerja atau sudah menganggur untuk beberapa waktu, Anda tetaplah seorang pribadi yang unik. Bagaimanapun Anda hari ini pastilah lebih baik daripada Anda dulu. Tentukanlah tiga pilihan pertama Anda untuk tiga jabatan tertentu yang Anda dambakan. Jika Anda bisa mendapatkan jabatan yang lebih tinggi dari jabatan terakhir, berarti bukan hanya pekerjaannya yang lebih baik. Bisa saja perusahaan pun lebih bonafid dan gajinya lebih oke. Untuk mendapatkan itu semua tentunya harus selalu berani mencoba.

Temuilah Langsung si Pembuat Keputusan

Ketika Anda sudah menetapkan tiga sasaran jabatan tadi, rencanakanlah secara sistematis untuk menghubungi pejabat yang bertanggung jawab langsung terhadap posisi yang Anda target. Gunakanlah telepon sebaik-baiknya untuk memperoleh kerja. Jangan menelepon dan menanyakan “apakah ada lowongan” begitu telepon diangkat. Malah kemungkinan besar Anda akan mendapatkan jawaban “tidak ada”, sekalipun ada. Perkenalkanlah diri secara singkat untuk menyusun kepastian bisa diwawancarai.

Saatnya Wawancara

Rasa takut dan khawatir seringkali menghantui para pencari kerja saat maju untuk wawancara. Padahal wawancara merupakan kesempatan emas untuk memperbaiki hidup dan seharusnya itu disadari oleh para pencari kerja. Gunakanlah pakaian yang pantas, berbicaralah secara efektif dan tunjukkan minat yang besar atas kesempatan kerja tersebut ketika diwawancara. Dengan begitu, pihak perusahaan akan semakin tertarik pada Anda.

Satu hal lagi yang harus Anda ingat: jangan menunggu sampai ada iklan lowongan kerja yang sesuai di koran. Gunakanlah telepon sebaik mungkin, ciptakan kesempatan, dan menangkan persaingan.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Evobig Proudly powered by Blogger