Breaking News :

Asal Mula File MP3

Kata MP3 sudah tidak asing lagi bagi kita, setiap hari kita selalu berhubungan dengan yang namanya MP3, entah itu download MP3 ataupun hanya sekedar menikmati MP3 terpopuler bulan ini. Download MP3 sah-sah saja asalkan kita download dan beli MP3 di situs resmi yang menjualnya, dengan begitu kita telah menghargai karya para musisi yang telah susah payah menciptakan lagu-lagu terbaik yang bisa kita dengar saat ini.

Sebenarnya MP3 adalah singkatan dari MPEG-1 Audio Layer 3 yaitu salah satu format berkas pengodean suara dengan kompresi yang baik (meskipun bersifat lossy) sehingga ukuran berkas memungkinkan untuk menjadi lebih kecil. Format musik digital MP3 bisa tersebar kemana-mana berkat jasa dua orang Jerman, yaitu Dieter Seitzer dan Heinz Gerhauser. Merekalah yang mengawali pengembangan MP3 dari Fraunhofer Institute, Erlangen, Jerman.

Ditahun 1990, Fraunhofer mengembangkan MP3 player pertama namun gagal. Kemudian ditahun 1997,  barulah Tomislav Uzelac produk Advanced Multimedia menemukan mesin AMP MP3 playback dan merupakan MP3 player pertama yang sukses.

Sejarah Perkembangan MP3
  • Pada tahun 1987, Institut Fraunhofer di Jerman melakukan penelitian kode bernama Eureka proyek EU147, Digital Audio Broadcasting.
  • Pada bulan Januari 1988, Moving Pictures Expert Group atau MPEG didirikan sebagai sebuah subkomite dari organisasi standar internasional.
  • Pada bulan April 1989, Fraunhofer menerima sebuah paten Jerman untuk MP3.
  • Pada tahun 1992, Fraunhofer dan Dieter Seitzer's algoritma encoding audio diintegrasikan ke dalam MPEG -1.
  • Pada tahun 1993, penerbitan standar MPEG-1.
  • Pada tahun 1994, MPEG-2 dikembangkan dan dipublikasikan.
  • Pada bulan November 1996, Amerika Serikat paten dikeluarkan untuk MP3.
  • Pada bulan September 1998, Fraunhofer mulai menegakkan hak-hak paten mereka yang mengharuskan semua pengembang rippers encoders MP3 membayar biaya lisensi untuk Fraunhofer.
  • Pada bulan Februari 1999, trek musik dalam format MP3 mulai didistribusikan oleh sebuah perusahaan rekaman bernama SubPop. Pada tahun yang sama portabel mp3 player muncul. 
Itulah asal mula file MP3 yang sering kita perdengarkan saat ini. Semoga lebih menambah wawasan bagi kita semua.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Evobig Proudly powered by Blogger