Breaking News :

Inilah Arti dibalik Logo Mobil International

Walaupun bentuk dan design mobil selalu berubah-ubah, namun ada satu hal yang tidak pernah berubah dari mereka yaitu logo. Dari sekian banyak pecinta mobil hanya sedikit orang yang benar-benar peduli maksud dan sejarah dari logo mobil kesayangan mereka.

Sesungguhnya logo bukan hanya sekedar simbol identitas visual suatu produk otomotif. Tapi logo juga punya fungsi penting untuk memperkenalkan produk ke pasar dunia. Ada tiga tipe logo mobil yang kini dikenal yaitu berbentuk simbol, teks, maupun kombinasi antarkeduanya.

Berikut ini adalah cerita dan fakta menarik di balik logo mobil-mobil top dunia.

BMW

bmw logo meaning

Logo BMW berbentuk lingkaran yang terbagi empat dengan dua warna yaitu putih dan biru langit berselang-seling. Bentuk tersebut melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru. Simbol itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok utama mesin pesawat terbang, misalnya 'Red Baron' untuk pemerintah Jerman selama Perang Dunia I.

Ketika tahun 1918, saat perang dunia berakhir, pemerintah Jerman menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW. Dengan kondisi seperti itu justru membuat BMW berkreasi. Arah bisnispun berubah. Perusahaan tersebut mulai membuat rem kereta api, lalu sepeda motor, dan kemudian mobil yang mendunia.

Ferrari

ferrari logo meaning

Ternyata ada sebuah cerita menarik dibalik Simbol 'Cavallino Rampante' alias kuda jingkrak Ferrari. Simbol itu aslinya adalah emblem para penerbang Italia dalam Perang Dunia Kedua. Simbol itu juga dipakai Franceco Baracca seorang penerbang Italia yang gugur dalam perang. Ketika Enzo Ferrari memulai perusahaan mobil miliknya, dia menggunakan logo tersebut di mobil balap Alfa Romeo atas dorongan orang tua Baracca. Kemudian, 'kuda jingkrak' tak hanya dipasang di mobil Ferrari. Popularitasnya melebihi yang diperkirakan. Kini logo Ferrari bisa ditemukan di sepeda, kaos, dan apapun yang bisa dibayangkan.

Lamborghini

lamborghini logo meaning

Beberapa logo mobil mencerminkan selera sang pemilik. Salah satunya logo 'banteng mengamuk' di Lamborghini. Banyak mobil Lamborghini yang diberi nama banteng yang telah mendapatkan penghargaan dalam event-event dunia.

Audi

audi logo meaning

Berawal dari seorang Insinyur Jerman, August Hoch yang mendirikan perusahaan A. Horc & Cie pada 1899. Kemudian dia terpaksa hengkang dari perusahaan yang didirikannya satu dekade kemudian. Pantang menyerah bersama partner bisnisnya, Franz Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru.

Saat mendiskusikan nama perusahaan barunya, putra Fikentscer menanyakan arti 'audiatur et altera pars' ketika sedang belajar Bahasa Latin di sudut ruangan. Disitulah muncul ide untuk menyebutnya Audi bukannya Horch.

Kata 'Horc' adalah singkatan dari kata 'mendengar' dalam Bahasa Jerman. Sementara Audi adalah kata latin yang juga berarti 'mendengar'. Kemudian pada 1932, empat perusahaan yakni, Audi, Hoch, DKW, dan Wanderer merger menjadi satu perusahaan, Auto Union. Kemudian dipilihlah logo berupa empat cincin yang bertautan, simbol penyatuan empat perusahaan yang jadi kebanggaan sekaligus rahmat bagi mereka sampai sekarang.

Mercedes Benz

mercedes benz logo meaning

Mercedes Benz memiliki logo bintang segitiga  yang mempunya arti khusus yaitu dominasi perusahaan yang meliputi darat, laut, dan udara. Sedangkan nama Mercedes berasal dari seorang pengusaha Austria dan pecinta otomotif, Emil Jellinek. Dia memiliki seorang anak bernama Mercedes.

Jellinek berpartisipasi dalam balap motor pertama di Jerman dan  menjual mobil Daimler Motored Gesellschaft (DMG). Ia menngunakan nama samaran, Mercedes saat dia mengendarai kendaraan yang dibuat DMG.

Saat ini Mercedes adalah hasil merger dua perusahaan mobil, Daimler Motored Gesellschaft (DMG), yang didirikan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, serta Benz & Cie, yang didirikan oleh KarlBenz. Dulu Mercedes hanya merujuk ke nama tim dan pengemudi. Logo bintang dalam lingkaran diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 1937.

Chevrolet

chevrolet logo meaning

Kisah mengenai logo Chevrolet, 'bowtie' terdiri dari dua versi. Yang pertama, William C Durant sang pendiri perusahaan terinspirasi oleh kertas pelapis dinding di sebuah hotel di Perancis yang ia robek untuk dijadikan logo. Versi cerita berbeda datang dari istrinya. Disebutkan bahwa inspirasi emblem bowtie datang dari sebuah surat kabar Virginia ketika mereka berlibur di daerah Hot Springs, Virginia sekitar tahun 1912.

Ford

ford logo meaning

Dengan huruf 'Ford' yang ditonjolkan menjadikan logo mobil asal Amerika Serikat ini sangat sederhana. Logo ini telah digunakan lebih dari 50 tahun. Font huruf ini diperkenalkan Harold Wills rekan dekat Henry Ford. Saat remaja, Wills menghasilkan uang dengan membuat kartu nama. Ketika rekannya Henry Ford mencari logo untuk perusahaannya, Wills menyodorkan set cetakan tuanya dan font huruf yang digunakan di masa remajanya untuk mencetak kartu nama.

Pada 1912, lingkaran oval ditambahkan dalam logo Ford. Pada 1927, logo juga mengalami perkembangan, warnanya menjadi biru. Logo terakhir oval biru ini dirilis 2003 untuk menghormati 100 tahun Ford Motor Company.

Renault

renault logo meaning

Logo pertama perusahaan adalah tiga huruf depan Renault bersaudara, Louis, Ferdinand, dan Marcel. Perusahaan ini juga punya logo khusus untuk tank militer setelah tank ringan produksi perusahaan Renault, FT-17 digemari selama Perang Dunia I.

Perusahaan Renault didirikan oleh Louis Renault ketika baru berusia 21 tahun. Logo bentuk berlian diperkenalkan pada tahun 1925 dan didesain ulang pada tahun 1972 oleh desainer terkenal Victor Vasarely. Logo yang berlaku saat ini, berlian dikelilingi persegi kuning adalah simbol kualitas.

Volkswagen

volkswagen logo meaning

Volkswagen dalam Bahasa Jerman berarti 'mobil rakyat'. VW adalah adalah satu logo mobil yang paling sederhana dan cepat dikenal di dunia. Logo berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang lingkaran warna biru. Logo ini didapat dari hasil kompetisi yang dimenangkan Franz Reimspiess. Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik dimulai pada 1930-an, era Nazi Jerman. 

Merupakan ide Hitler untuk memulai produksi mobil dengan harga terjangkau untuk masyarakat. Hitler dan Gercinand Porsche mengeluarkan ide mobil kumbang Volkswagen yang bisa membawa dua orang dewasa dan tiga anak kecil. Namun pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak memproduksi kendaraan militer ketimbang mobil untuk rakyat, membuka kedok di balik maksud Hitler sebenarnya.

Volvo

volvo logo meaning

Kata Volvo berasal dari kata latin 'volvere' yang berarti berputar. Logo Volvo adalah simbol kuno untuk besi yakni lingkaran dengan anak panah menunjuk ke atas secara diagonal ke kanan. Simbol ini juga merepresentasikan 'Mars' sebagai dewa perang. Mobil Volvo juga secara tradisional dikenal untuk fitur keselamatan. Simbol kuno besi digunakan juga untuk mencerminkan tradisi kuat industri besi Swedia.

Logo Volvo terpasang di atas latar belakang biru. Pasca kekalahan Jerman dalam perang, Inggris mengambil alih pabrik Volkswagen dan mencoba menjualnya. Awalnya, orang-orang menolak desain kumbang VW yang dianggap inferior. Namun VW berhasil membuktikan dirinya, Volkswagen Beetle menjadi salah satu mobil terlaris di dunia.

Hyundai

hyundai logo meaning

Perusahaan mobil Korea Selatan ini memiliki logo huruf 'H' dikelilingi bentuk oval yang menggambarkan keinginan kuat perusahaan untuk mendunia dan memiliki slogan 'Drive your way'. Huruf H yang miring dan bergaya juga menggambarkan simbol dua orang yakni representasi perusahaan dan pelanggan sedang berjabat tangan.

Toyota

toyota logo meaning

Dari kejauhan, logo Toyota mirip huruf 'T' yang berarti 'Toyota'. Namun jika diamati lebih dekat, logo mobil Jepang itu terdiri dari tiga bentuk oval. Dua oval yang saling bertautan menyerupai huruf 'T' merepresentasikan hubungan saling menguntungkan dan saling mempercayai antara pelanggan dan Toyota. Sedangkan latar belakang oval yang lebih besar menggambarkan perkembangan kemajuan teknologi dan kesempatan tak terbatas bagi perusahaan untuk terus maju dan berkembang.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Evobig Proudly powered by Blogger